Berita Media

25 October

Racun tikus gratis

Written by 

Racun tikus gratis kawal percepatan tanaman padi

PINRANG, PARE POS--PT Advansia Indotani, salah satu produsen obat-obatan pertanian, menyerahkan paket bantuan hibah racun tikus Arakus kepada 50 orang petani di Kecamatan Mattirobulu, Kamis 1 Oktober di Aula Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Mattirobulu. Bantuan ini sebagai bentuk pengawalan percepatan tanam padi di sejumlah sentra produsen padi di Pinrang.

M.Arsyad,S, Comercial Executive Advansia Indotani sebelum penyerahan mengatakan, penyerahan bantuan ini sebagai dukungan percepatan tanaman padi di Kabupaten Pinrang. M.Arsyad mengatakan, paket bantuan racun tikus tersebut disalurkan berdasar dari permohonan kelompok tani melalui penyuluh pertanian.

Dalam usulan tersebut sebanyak 29 kelompok tani di Kecamatan Mattirobulu butuh bantuan racun tikus, namun yang direaliasikan pada penyerahan dalam pertemuan ini sebanyak, 500 kilogram.

"Kami akan tambah tergantung dari kebutuhan lapangan," kata Arsyad.

Ia menjelaskan, dalam mengawal percepatan tanam padi di Pinrang tidak hanya menyerahkan bantuan racun tikus akan tetapi dilanjutkan percontohan di lima titik di Kecamatan Mattirobulu. Mengingat pada saat ini petani di Mattirobulu sebagian besar sudah turun sawah dan sebagain sudah tanam padi, sehingga dilakukan penyerahan bantuan racun tikus untuk mengantisipasi serangan di masa datang.

Arsyad menambahkan, kegiatan petak percontohan di lima titik akan dilengkapi dengan paket dari produk Advansia. Paket tersebut antara lain Abimee, Alcher dan Alodi untuk pemberantasan gulma atau rumput pengganggu tanaman padi. Selain itu, juga ada Amolin, Azatin dan Apronil untuk pemberantas hama dan penyakit tanaman padi. "Pada saat panen nanti kami akan mengadakan pesta panen di satu tempat di Kecamatan Mattiro Bulu," katanya.

Selain di Mattirobulu juga tetap akan ada spot-spot percontohan, namun demikian petani di luar Mattirobulu tetap diberi kesempatan bermohon bantuan racun tikus dan pihak Advansia bersedia untuk melayani secara gratis.

Kepala Badan Penyuluhan Kabupaten Pinrang, Andi Muhammad Amir Riu merespon pemberian bantuan tersebut. "Tepat sekali pada hari ini Advansia membantu petani melakukan pengawalan dalam hal pengendalian hama tikus karena di sebagian daerah tetangga kecamatan sudah tidak ada pertanaman padi otomatis tikus-tikus akan mengarah ke daerah ini," ungkap Andi Amir Riu.

Hal senada diungkap Camat Mattirobulu Chandra Yasin, bahwa petani di Mattirobulu yang bergerak cepat melakukan turun sawahm, sehingga dikhawatirkan banyak tikus mengarah di Mattirobulu.

"Tapi syukurlah karena ada formulator Advansia mau kerjasama dengan kami dalam membantu petani menanggulangi serangan hama tikus," kata Chandra. Hadir Kepala Badan Penyuluhan Kabupaten Pinrang, Andi Muhammad Amir Riu, dan sejumlah penyuluh pertanian.

Kontributor: Abd Salam Atjo

www.parepos.co.id

Read 948350 times Last modified on Thursday, 14 April 2016 04:07
Rate this item
(1 Vote)