Berita Media

14 May

FFD Paket Advansia tanaman horti di Berastagi Sumatera utara

Written by 

 

FFD Paket tanaman horti di Berastagi Sumatera utara

Berlangsung FFD Paket Produk Advansia Tanaman Horti DI Berastagi Sumatera Utara Pada Tanggal 14 mei' 18

SOLUSI ADVANSIA UNTUK PETANI BERASTAGI, SUMATERA UTARA

Kondisi petani terutama petani sayur di Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara mengalami dilema, karena masalah hama penyakit tanaman semakin sulit dikendalikan dan harga saprodi termasuk pupuk dan pestisida semakin mahal. Hal ini banyak dikeluhkan petani sayur di Berastagi.

2

Melihat permasalahan petani di Berastagi ini, Sadar Simbolon selaku Commercial Manager Advansia wilayah Sumatera Utara mengadakan demplot Paket Advansia tanaman hortikultura diantaranya tanaman Tomat, Cabai, Kubis, kentang dan bawang daun di Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo.

Demplot Paket Advansia tanaman hortikultura menggunakan produk-produk Advansia yang berkualitas diantaranya : Abenz 22 EC dan Adoca 150 SC untuk mengendalikan ulat, Agus 500 SC spesialis mengendalikan kutu kebul (Bemisia tabaci), Ajin 70 WP dan Aprisid 25 WP untuk mengendalikan kutu dan trips, sedangkan fungisida Amotan 250 SC dan Amotop 325 SC untuk mengendalikan Bercak dan penyakit kering, dan Abado 50 WP dan Apison 51,5 DG untuk mengendalikan penyakit basah yang disebabkan jamur.

 1

Hasil Demplot Paket Advansia tanaman horti digunakan untuk kegiatan Famers Field Day (FFD) pada tanggal 14 Mei 2018 di Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. FFD dihadiri 125 petani Berastagi dan sekitarnya dan tamu undangan dari Dinas pertanian Kabupaten Karo, PPL Berastagi, BPS Berastagi dan ketua KTNA Kabuapten Karo.

Tanaman Tomat bebas dari keriting dengan menggunakan produk Ajin 70 WP, Agus 500 SC, Aprisid 25 WP, sedangan daun mulus dari busuk karena menggunkan Amotan 250 SC campur Abado 50 WP alternasi Apison 51,5 DG ketika umur generative. Tanaman Kentang aman dari busuk hitam Phytophthora infestans menggunakan ACEP 722 SL awal tanam dan dilanjutkan Amotan 250 SC campur Abado 50 WP sejak kecil dan alternasi Amotop 325 SC campur Apison 51,5 DG ketika umur generative atau mulai pembentukan umbi. Sedangkan untuk memacu pembentukan umbi kentang dapat digunakan Amolin 300 EC.

Tanaman kubis mulus dari ulat gantung (Plutella xylostella) dan ulat Krop (Crocidolomia sp) menggunakan Abenz 22 EC alternasi dengan Adoca 150 SC dan Athos 240 SC.

3

Petani Berastagi merasa senang dengan melihat langsung hasil tanaman yang bagus menggunakan produk Advansia. Ternyata terbukti tanaman aman dari hama dan penyakit. Menurut UD ketaren penjual saprodi pertanian di Berastagi, bahwa saat ini produk Advansia banyak dicari petani karena kualitas yang bagus dan harga terjangkau.

Read 284 times Last modified on Wednesday, 27 June 2018 06:33
Rate this item
(0 votes)