Berita Media

13 April

Kendalikan Biji Gulma dengan cara Aman dan efektif

Written by 

 

Kendalikan Biji Gulma dengan cara Aman dan efektif

Kendalikan Biji Gulma dengan cara Aman dan efektif

Gulma merupakan rumput liar yang sering tumbuh di sekitar tanaman yang dibudidayakan. Tumbuhnya gulma pada area pertanian ini tentunya akan sangat mengganggu pertumbuhan tanaman, sehingga apabila tidak segera ditanggulangi maka akan berdampak pada rendahnya kualitas hasil pertanian yang sudah dibudidayakan.

antiji

Pada tanaman padi sawah, gulma biasanya akan tumbuh subur bersamaan dengan tumbuhnya padi. Gulma padi sawah memiliki jenis dan karakteristik tersendiri, ada gulma yang mudah dikendalikan dan ada juga gulma yang sulit untuk dikendalikan

Pengaturan penanaman padi yang benar dapat mengendalikan calon gulma yang akan tumbuh. Kegiatan persiapan lahan yang tepat dapat mengurangi persebaran dan perkembangan calon-calon gulma. Proses membajak sawah dapat dikategorikan dalam kegiatan ini, karena dengan membajak sawah gulma yang ada akan musnah.

Sementara itu, pengaturan pola penanaman padi juga merupakan hal penting dalam upaya mengatasi gulma. Pembuatan banjar penanaman membuat pengendalian gulma dapat dilakukan dengan mudah. Metode ini biasanya diterapkan pada sistem jajar legowo

Pengunaan Herbisida Pra Tumbuh Juga sangat membantu dalam mengurangi populasi gulma dari awal pertanaman.

Antiji 500 EC Salah satu Herbisida Pra tumbuh yang aman terhadap tanaman padi baik dengan cara tanam tabela maupun cara tanam tapi. Herbisida Antiji 500 EC dilengkapi dengan pengaman berupa fenclorim yang dapat melindungi biji tanaman padi. Sehingga sewaktu diaplikasikan ke lahan sawah Antiji 500 EC dapat membekukan biji rumput secara efektif namun tetap aman terhadap tanaman padi.

Waktu aplikasi yang tepat dari Antiji 500 EC bisa sebelum tanam atau pun 0-4 Hari setelah tanam tergantung dari pengolahan tanah terakhir. Dosis yang dianjurkan untuk aplikasi Antiji 500 EC adalah 1 L / Ha dengan kondisi lahan terdapat air minimal macak-macak lalu 3-4 hari lepas aplikasi di masukkan air.

Dari beberapa demo dan percobaan yang dilakukan tim Advansia, Antiji 500 EC dapat menahan biji gulma padi agar tidak tumbuh. Mulai dari daun sempit , daun lebar maupun tekian dapat terkendali. 30-40 hari lepas aplikasi lahan sawah masih bersih dari rumput dan mengurangi biaya/tenaga cabut rumput bagi petani.

Perlu dipahami bahwa dari masing-masing metode pengendalian gulma yang bisa digunakan, semua metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Hal yang paling penting untuk diketahui adalah bagaimana petani bisa mengetahui pertumbuhan gulma yang ada pada tanaman budi dayanya, sehingga dengan demikian pengendalian bisa dilakukan tepat waktu dan tepat sasaran.

Read 68 times
Rate this item
(0 votes)